expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Kamis, 10 Januari 2013

Pengaruh Kooperatif Type Tai Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Oleh :Nasir
A.      Latar Belakang Masalah
Pembelajaran matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang wajib diikuti oleh siswa di sekolah pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, sebagian siswa menganggapnya sebagai pelajaran yang sulit dan kurang diminati. Padahal siswa seharusnya menyadari bahwa kemampuan berfikir logis, kritis, cermat, efisien dan efektif adalah menjadi ciri pelajaran matematika yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi zaman yang semakin berkembang.
Pelajaran matematika yang kurang diminati oleh siswa berkaitan dengan guru dalam menyampaikan materi sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam memahami atau menyerap materi yang diberikan guru.
Dalam dunia pendidikan, pemahaman konsep merupakan faktor yang sangat penting, karena pemahaman konsep yang dicapai siswa tidak dapat dipisahkan dengan masalah pembelajaran. Untuk mencapai pemahaman konsep yang baik diperlukan suasana belajar yang tepat, agar siswa senantiasa meningkatkan aktivitas belajarnya dan bersemangat. Proses pembelajaran yang menarik dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Dengan demikian, diharapkan pemahaman konsep siswa dapat berkembang. Dengan efektifnya pemahaman konsep, berarti tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
Rendahnya pemahaman konsep siswa terjadi karena rendahnya motivasi siswa dalam belajar. Penyebab utama rendahnya motivasi siswa karena kurangnya variasi model pembelajaran dan guru kurang dapat memilih model pembelajaran yang tepat.
Selama ini yang terjadi, pembelajaran hanya berpusat pada guru, dan siswa tidak dilibatkan secara aktif. Alternatif yang digunakan yaitu menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) agar dapat mengembangkan pemahaman konsep siswa. Makalah ini digunakan untuk menerapkan strategi pemecahan masalah sebagai jawaban dari permasalahan. Adapun model TAI adalah model pembelajaran yang membentuk kelompok kecil yang heterogen dengan latar belakang cara berpikir yang berbeda untuk saling menbantu terhadap siswa lain yang membutuhkan bantuan. Dalam model ini, diterapkan bimbingan antar teman, yaitu siswa yang pandai bertanggung jawab kepada siswa yang lemah.
Memperhatikan akar permasalahan seperti yang diuraikan sebelumnya, model TAI tampaknya dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebut. Ada beberapa alasan perlunya menggunakan model pembelajaran TAI untuk dikembangkan sebagai variasi model pembelajaran, agar pemahaman konsep dapat tercapai. Alasan tersebut diantaranya, dapat meningkatkan partisipasi siswa, terutama pada kelompok kecil, karena siswa yang pandai bertanggung jawab terhadap siswa yang lemah. Dengan demikian siswa yang pandai dapat mengembangkan kemampuan dan ketrampilannya, sedangkan siswa yang lemah dapat terbantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi (Suyitno, 2002:9).
Beberapa alasan lain yang menyebabkan model TAI perlu diterapkan sebagai model pembelajaran yaitu tidak ada persaingan antar siswa atau kelompok, karena bekerjasama untuk menyelesaikan masalah dalam mengatasi cara berpikir yang berbeda. Senantiasa tidak hanya mengharapkan bantuan dari guru, serta siswa termotivasi untuk belajar cepat dan akurat seluruh materi. Guru setidaknya menggunakan setengah dari waktunya mengajar dalam kelompok kecil sehingga akan lebih mudah dalam pemberian bantuan secara individu (Slavin, 1995:101).
Oleh karena itu perlu dilakukan penulis kajian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI sehingga penulis mengambil judul : Pengaruh Kooperatif Type Tai Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.
B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian di atas, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan ini adalah: “Bagaimana Pengaruh Kooperatif Type Tai Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar?”
C.      Tujuan Pembahasan
Berdasarkan permasalahan yang dikemukakan, maka pembahasan pada makalah ini adalah bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kooperatif type tai terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar.
D.      Manfaat Pembahasan
Pembahasan makalah ini diharapkan dapat memberikan manfaat yaitu menambah wacana pengembangan ilmu pengetahuan di bidang keguruan, terutama meningkatkan kinerja dan profesionalisme guru, guru termotivasi melakukan penelitian sederhana yang bermanfaat bagi perbaikan dalam proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan guru itu sendiri. Dan sebagai motivasi untuk meningkatkan keterampilan memilih strategi pembelajaran yang bervariasi dan dapat memperbaiki sistem pembelajaran, sehingga dapat memberikan pengajaran yang lebih baik kepada siswa serta dapat mengembangkan model TAI ini pada konsep yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar